Offers


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tawaran adalah  mengunjukkan sesuatu kepada (dengan maksud supaya dibeli, dikontrak, diambil, dipakai. Sementara, menurut Oxford Dictionary, tawaran atau offers is present or proffer (something) for (someone) to accept or reject as desired.


Dibawah ini beberapa ungkapan yang dapat digunakan untuk memberikan tawaran dan menjawab tawaran. Untuk ungkapan yang lain dapat dicari di sumber bacaan lain.


| Formal/Resmi

| May I... (+ simple verb form/Verb 1)
May I help you clean whiteboard?
Bolehkah saya bantu kamu menghapus papan tulis?

| Would you like me to (do something)? (+ simple verb form/Verb 1)
Would you like me to open the window?
Apakah kamu ingin saya membukakan jendela?

Would you like a magazine to read while you’re waiting?
Apakah kamu mau membaca majalah sambil kamu menunggu?

| Shall I... (+ simple verb form/Verb 1)
Shall I get you some water?
Haruskah saya mengambilkanmu air?


| Neutral/Netral
dapat digunakan baik formal maupun informal.

| Can I... (+ simple verb form/Verb 1)
Can I get you something to drink?
Bisakah saya mengambilkanmu minuman?


| Informal/Tidak Resmi

| Do you want me to... (+ simple verb form/Verb 1)
Do you want me to turn on computer?
Apakah kamu ingin saya mematikan komputer?

| I'll.../I will... (+ simple verb form/Verb 1)
I'll switch off TV if you want.
Saya akan mematikan TV jika kamu mau.

| Let me... (+ simple verb form/Verb 1)
Let me carry your briefcase.
Biar saya membawa tas kerjamu.


Menerima tawaran

Thank you, that’s very kind of you.
Terima kasih, kamu sangat baik.

If you wouldn’t mind.
Jika kamu tidak keberatan.

Thank you.
Terima kasih.

Thanks.
Terima kasih.


Menolak tawaran

No, thank you, I can manage.
Tidak, terima kasih, saya bisa menangani.

Don’t worry, I’ll do it.
Jangan khawatir, saya bisa.

No, thank you.
Tidak, terima kasih.

No, thanks.
Tidak, terima kasih.

Popular posts from this blog

Fill Out A Form

Discussion Text