Opinion


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), opini adalah pendapat; pikiran; pendirian. Sementara, menurut Oxford Dictionary, opinion is a view or judgement formed about something, not necessarily based on fact or knowledge.

Tonton video dan ikuti instruksi untuk melatih berbicara.

Dibawah ini beberapa ungkapan yang dapat digunakan untuk memberikan opini dan pemikiran dan menjawab opini dan pemikiran. Untuk ungkapan yang lain dapat dicari disumber bacaan lain.


|Menanyakan opini

What do you think of…?
the online transportation?
How do you feel about…?
What’s your opinion of…?

Apa pendapatmu tentang transportasi daring?


|Memberikan opini


|Formal/Resmi

|In my opinion, …
In my opinion, ITE Law is to regulate information technology in general.
Pendapat saya, Undang-Undang ITE mengatur teknologi informasi secara umum.

|In my view, …
In my view, the Bank of Indonesia should not raise interest rates.
Pendapat saya, Bank Indonesia seharusnya menaikan suku bunga.

|It seems to me
It seems to me that the business trip is important.
Bagi saya perjalanan bisnis itu penting.

|All things considered
All things considered, I think we should be wise to follow her rules.
Dengan semua pertimbangan, saya pikir kita seharusnya mengikuti aturannya.


|Neutral/Netral

|I think…
I think we should do quiz online.
Saya pikir kita harus mengerjakan kuis secara daring.

|I believe…
I believe our government has done a good economic policy.
Saya percaya pemeintah sudah melakukan kebijakan ekonomi yang baik.


| Informal/Tidak Resmi

| I reckon…
I reckon it will be much faster to get to Cianjur by train.
Saya berpendapat lebih cepat tiba di Cianjur dengan naik kereta.

| I suppose…
suppose it will be much faster to get to Cianjur by train.
Saya berpendapat lebih cepat tiba di Cianjur dengan naik kereta.


Untuk meyakinkan atau menguatkan pendapat, tambahkan Adjective atau Adverb.

My honest opinion…
Opini sejujurnya…

I strongly believe…
Saya sangat percaya…


|Menghindari memberi opini

I’d prefer not to say anything about it.
Saya lebih baik tidak mengatakan apapun tentang itu.

I’d rather I can’t comment on this.
Saya lebih baik saya tidak berkomentar dalam hal ini.


|Menyetujui opini

I agree.
Saya setuju.

That’s right.
Itu benar.

Me too.
Saya juga setuju.


|Menyetujui sebagian opini

I agree up to a point, but….
Saya setuju dengan satu pendapat, tapi...

That’s partly true, but…
Itu benar sebagian, tapi...


|Tidak menyetujui opini

I disagree.
Saya tidak setuju.

That’s not right.
Itu tidak benar.

I don’t think so.
Saya pikir tidak begitu.


Video retrieved 31 August 2018 https://www.youtube.com/



LATIHAN 

Popular posts from this blog

Fill Out A Form

Discussion Text